Tips Pernikahan Hemat

Sedang merencanakan pernikahan?, atau ada adik, kakak, teman yang sedang merencanakannya?. Berikut beberapa Tips Menghemat Pesta Pernikahan: 
  • Tunjuk beberapa teman dekat sebagai  ‘Wedding Organizer’.  Kenapa teman, kenapa bukan keluarga saja? Terutama para tante yang biasanya paling repot dan banyak memberi masukan?  No hurt feelings ya tantes, tapi biasanya teman dekat adalah orang yang paling tahu selera kita (dan calon pasangan kita).  Mereka juga bisa jadi orang yang setara dengan kita. Saat mereka punya masukan dan ide-ide, kita bisa menolak atau memberikan ide lain jika kita tidak setuju dengan mereka, tapi kalau WO-nya adalah keluarga, apalagi yang lebih tua, perasaan tidak enak untuk menolak seringkali terjadi, alhasil, dengan terpaksa kita mengiyakan meski pun sebenarnya hal tersebut jauh dari anggaran kita atau tidak sesuai dengan selera kita dan pasangan. Duhh..
'manfaatkan' teman dekat sebagai W.O

Contoh kasus:

Dialog
Aunty 1: Ta, nanti seragam keluarga dari bahan ini aja ya, bagus banget, tapi murah kok, semeter cuma 150 ribu, dan keluarga besar kita totalnya sekitar 35 orang, jadi kira2 butuh 50 meter. Tenang aja, tante yang urus semua, kamu tinggal kasih uangnya aja dan terima jadi..
Me         : errr..tante?  jadi untuk seragam keluarga aja sekitar 10,5 juta?
Aunty 1 : He..eh, itu belum termasuk ongkos jait ya..
Me         : I..iya tante, nanti aku itung2 dulu budget-nya ya...
Aunty 1: aduhh..jangan kelamaan mikirnya, ini aja udah tanggal berapa lho. Masih untung tante mau bantuin, mumpung tante lagi gak sibuk karena om kamu lagi di luar kota.
Me         : Iya tante, aku tanya si yayang dulu ya..
Aunty 2: (nyeletuk) alah..dia mah pasti setuju setuju aja kalo kamu setuju. Oiya, soal undangan gimana? Jadi cuma 100 orang aja?. Kamu ngga malu? Kan papamu orang terpandang, masa ngundang kok dikit banget, segitu sih isinya cuma temen-temen kamu plus keluarga besar kita doang..
Me         : emang niatnya cuma ngundang temen dan keluarga aja tante..
Aunty 2: loh? Ini kan juga pesta papa dan mamamu, pesta om dan tante. Kami juga mau ngundang-ngundang.., ya ngga bisa dong kalo cuma segitu undangnnya..
Me         : *berharap bisa ngilang*
Sounds familiar? Oke..oke..saya mungkin agak berlebihan membuat dialog di atas (eh, tapi ada yang bahkan lebih parah dari itu lhoo..), tapi intinya, sebelum drama seperti di atas terjadi, sebaiknya, dari awal kita sudah menunjuk panitia atau bahasa kerennya WO-Wedding Organizer. Boleh yang professional, boleh yang gratisan, tergantung dana dan kebutuhan.
Dialog (continued):
Me         : maaf tante.., aku senengggg banget kalian mau bantuin aku, tapi semua ini udah ada yang ngurus, WO. Kalo ada apa2, ide, masukan, dll, langsung aja bicara sama mereka ya..(cium pipi para tante dan melenggang pergi).

Om tante terima jadi aja deh ya... *kedip*

  • Buat sendiri suvenir yang unik. Kalau mau murah, bisa membeli suvenir jadi di asemka, tanah abang, dll, tapi biasanya kan standar banget, pulpen, gantungan kunci, dompet kecil, dll, yang jujur aja: lebih sering tidak terpakai. Tapi kalau mau suvenir yang ngga biasa dan spesial, membuat sendiri adalah salah satu pilihan. Suka bikin coklat? cetak aja model love dua buah, masukin ke dalam kotak buatan sendiri yang udah di print dengan foto si pasangan. Kerennn...
source: pinterest
  • Dekorasi sendiri pesta pernikahanmu! Mau bikin garden party, atau mengadakan pesta-nya di rumah? Atau mungkin sewa gedung dan ingin ada pernak-pernik yang kamu banget? Bikin aja sendiri!. Below are some inspiration: (kalo bisa ada budgetnya jg).

source:pinterest

source: pinterest
source: bing.com
bikin buku tamu sendiri juga keren! (source:bing.com)
  • Ada teman atau keluarga yang fotografer dan videografer? Berdayakan!. Kalau teman atau saudara yang kebetulan seorang fotografer/videografer bersedia jadi seksi dokumentasi di acara pernikahan kamu, segera berdayakan. Tentu saja nanti kamu nyetak fotonya sendiri ya :)
bing.com

  • Tambah makanan atau buah-buahan sendiri meski pun sudah pakai jasa catering. Saat saya menikah.. ehm.. 12 tahun yang lalu J saya pakai jasa catering, namun untuk jaga-jaga kalau makanan kurang (meski pun hitungannya sih cukup), (calon) suami saya membeli bermacam2 buah di Pasar Induk seharga 500rb rupiah dan menempatkannya di satu meja, di taman samping area gedung pernikahan.  Jaman itu 500ribu dapet banyak banget hehehe. Alhasil, pojokan taman, di depan meja buah, juga jadi tempat yang asyik untuk beberapa teman dan keluarga ngobrol sambil ngemil buah.
heyy..bikin pondok permen juga oke, kan banyak tamu anak2 juga :) -bing.com

pesan kue tradisional kesukaan kamu, murmer!

atau sediakan chocolate fountain untuk menarik tamu2 kecil kita??

Nah..segitu dulu ya tips-nya. Ada ide lain?

cheers,
Z

Komentar

Postingan Populer