5 Cara Agar Pesta Pernikahan Sesuai Bujet


photo courtesy: Sinta, one of @onefinedaycompany client
Sedang merencanakan pernikahan? atau ada adik, kakak, sepupu, yang akan menikah dan kamu lagi bantuin dia untuk mengaturnya? ikuti 8 tips di bawah ini agar biaya pesta pernikahan sesuai dengan yang direncanakan...

1. Tetapkan budget sebelum menetapkan yang lainnya.
Sebelum menetapkan lokasi, makanan, dekorasi, dan lain sebagainya, langsung bikin patokan sesuai dana yang kamu punya. Karena pesta yang harus menyesuaikan dengan dana, bukan sebaliknya (kecuali kamu nggak masalah dengan berapa pun dana yang harus dikeluarkan ;p).

2. Buat panitia. 
Bisa jasa profesional seperti wedding organizer atau jika budget terbatas, buat panitia yang terdiri atas teman-teman dan keluarga. Saya punya beberapa pengalaman di mana klien saya membuat panitia yang terdiri atas kakak adik serta om dan tantenya dan semua berjalan dengan sangat baik karena semua ingin yang trebaik bagi si calon pengantin.

3. Buat skala prioritas.
Seperti juga hal-hal lainnya, merencanakan pesta pernikahan haruslah ada prioritasnya. Saat daftar prioritas sudah diurutkan, jika ada budget yang berlebih, 'buanglah' dari daftar yang paling bawah.

4. Batasi tamu undangan sesuai dana yang tersedia. 
Jangan gambling, hitung baik-baik semua pengeluaran termasuk untuk tamu undangan. Perhitungkan tamu yang akan membawa pasangan dan anak-anaknya. Lebih baik makanan berlebih daripada kurang, kan?

5. Pesan jauh-jauh hari.
Biasanya, apa pun yang dipesan mendadak akan jauh lebih mahal jatuhnya, jadi jika perencanaan sudah matang, pesan semuanya jauh-jauh hari, ya..

Selamat merencanakan pernikahannn...

***

Komentar

  1. setuju nih dengan tips nya... buat yang akan menikah informasinya bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer